Laman

Rabu, 20 Maret 2013

Sekilas tentang Lokalisasi Banyuwangi dalam Sejarah

Banyuwangi menjadi salah satu daerah yang memiliki lokalisasi terbanyak di Jatim setelah Surabaya. Sedikitnya ada 17 lokalisasi dengan 650-an PSK. Menurut Widodo dkk (2010), lokalisasi di Banyuwangi yakni Padang Bulan di Singojuruh, juga terdapat lokalisasi Pakem Kertosari (Banyuwangi), LCM di Ketapang, Warung Panjang (Ketapang), Klopoan (Genteng), Buk Marpuk (Wongsorejo), lokalisasi Padang Pasir dan lokalisasi Blibis Kecamatan Rogojampi, serta lokalisasi Wonosobo di Kecamatan Srono, Terminal Jajag, sepanjang Jalan Raya Genteng, Bambu Ria Cungking, sebelah Alun-alun Gesibu Blambangan dekat Hotel WB milik Pemkab, Pesanggaran, dan masih banyak lagi tempat lainnya.

Lokalisasi terbesar adalah Padang Bulan di Kecamatan Singojuruh. Menurut Miskawi (2010) Sejarah lokalisasi Padang Bulan dirintis dari tahun 1970-an yang dikemas warung-warung kopi, sebagai usaha di sektor informal dengan harapan agar ekonomi keluarganya bisa lebih baik. Keberadaan WTS sampai pada tahun 1974 masih belum terlokalisir dan jumlahnya semakin bertambah. Oleh karena itu, Pemerintah yang dimotori oleh Pemerintah desa setempat melembagakan pelacuran pada tahun 1984, Secara resmi keberadaan Lokalisasi tidak disertai dengan SK Bupati, tetapi bukti adanya penyuluhan, sosialisasi HIV dan klinik sebagai bukti kongkrit bahwa pemerintah Banyuwangi ”melegalkan”. Pembangunan wisma WTS mulai pada tahun 1992, tetapi baru beroperasi secara penuh pada tahun 1994 sampai dengan sekarang.

Dalam sejarah, Banyuwangi terkenal sebagai pemasok para perempuan untuk dijadikan selir di beberapa kerajaan. Koentjoro mengkaitkan hal itu sebagai cikal-bakal tumbuhnya lokalisasi di Indonesia. Koentjoro (1989:3) mengidentifikasi 11 kabupaten di Jawa yang dalam sejarah terkenal sebagai pemasok perempuan untuk kerajaan; dan sampai sekarang daerah tersebut masih terkenal sebagai sumber wanita pelacur untuk daerah kota. Daerah-daerah tersebut adalah Kabupaten Indramayu, Karawang, dan Kuningan di Jawa Barat; Pati, Jepara, Grobogan dan Wonogiri di Jawa Tengah; serta Blitar, Malang, Banyuwangi dan Lamongan di Jawa Timur.

Bentuk industri seks yang lebih terorganisasi berkembang pesat pada periode penjajahan Belanda (Hull; 1997:3). Kondisi tersebut terlihat dengan adanya sistem perbudakan tradisional dan perseliran yang dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan seks masyarakat Eropa. Umumnya, aktivitas ini berkembang di daerah-daerah sekitar pelabuhan di Nusantara. Pemuasan seks untuk para serdadu, pedagang, dan para utusan menjadi isu utama dalam pembentukan budaya asing yang masuk ke Nusantara.

Saat aktivitas Pelabuhan Boom, Banyuwangi, ramai sekitar abad 18-20, lokalisasi bisa dijumpai di depan jalan masuk pelabuhan itu, yakni di depan Bioskop Irama. Lokalisasi Pakem di Kelurahan Kertosari muncul setelah Tanjung Pakem atau Bong Pakem dijadikan benteng oleh Belanda. Saat ini, lokalisasi LCM dan warung remang-remang juga tumbuh subur seiring aktivitas pelayaran di Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Tanjung Wangi. Ika Ningtyas. 

(Catatan singkat ini saya buat setelah meliput unjuk rasa ribuan PSK an mucikari yang menentang penutupan lokalisasi yang dilakukan Pemprov Jatim dan Pemkab Banyuwangi, Rabu 20 Maret 2013).

Sumber:
1. http://miskawisejarawan.blogspot.com/2010/02/dinamika-kehidupan-sosial-ekonomi-psk.html
2. http://wwwhistoryclub.blogspot.com/
3. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/08/24/sekilas-sejarah-pelacuran-di-indonesia/

Sumber Foto: rri.co.id

3 komentar:

info yang sangat menarik untuk kemudian dikaji lebih lanjut, jika boleh saya mengajukan pertanyaan, seberapa besar menurut anda dnegan adanya banyak pelabuhan di banyuwangi melatar belakangi munculnya bisnis esek-esek di banyuwangi?

Obat Perangsang Cair adalah sebuah ramuan perangsang yang berfungsi untuk menambah gairah seksual yang menurun.
Obat Perangsang sangat ampuh sekali digunakan untuk pria dan wanita.
Obat Perangsang Wanita begitu tokcer ketika digunakan ke wanita sehingga wanita akan lebih bergairah lagi saat berhubungan bercinta

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More